Selasa, 18 April 2017

Review SiAdin

Kali ini kita akan mencoba mereview tentang sistem akademik Universitas Dian Nuswantoro yang biasa disebut dengan siAdin. sebelum kita mereview ada baiknya kita mengetahui dulu apa itu siAdin.
SiAdin adalah salah satu sistem yang ada di Universitas Dian Nuswantoro yang memiliki fungsi untuk menyediakan informasi bagi mahasiswa.  Tetapi bukan hanya mahasiswa saja yang bisa mengakses SiAdin, wali Mahasiswa udinus pun bisa mengakses siadin yang diberi nama "SiaAdin Parents".
Namun kita akan mencoa mereview tentang siadin mahasiswa, kita sebagai mahasiswa yang setiap saat menggunakan siAdin dari mulai input KRS, mencetak kartu ujian, tagihan pembayaran, kuliah online, dll Terkadang merasa kurang nyaman dengan tampilan siadin itu. maka kali ini kita akan mencoba memberi saran tentang kurang nyamannya itu.
1. Home, Icon foto & Nama Mahasiswa


  • Di menu home, ketika kita menekannya maka akan keluar menu home lagi. jadi kita sarankan agar tidak ada menu home lagi didalam menu itu, jadi ketika kita akan pergi ke home cukup sekali saja menekannya.
  • Pilih salah satu antara ICON GAMBAR Mahasiswa atau Nama mahasiswa , untuk memperingkas profil tampilan SiAdin. 
2. Setting

  • Isi dalam Icon setting tidak sesuai, seharusnya di dalam setting di isi dengan pengaturan profil mahasiswa. Sehingga Icon profil mahasiswa di home tidak diperlukan lagi.

3. Menu Kalender dan Alumni
 4 5.png

  • Icon ALUMNI tidak perlu ditambahkan dalam profil siAdin, karena info tentang alumni sudah mempunyai web sendiri.
                  alumni.png
  • Kalender dalam profil SiAdin tidak diperlukan, karena sudah tercantum di tampilan web siAdin. dan ini sangat mempermudah mahasiswa untuk melihat kalender akademik tanpa login ke profilnya.
                      kale.png

4.  Icon Notifikasi dan Visi Misi

                                visimisi.png
  • Icon Notifikasi sebenarnya digunakan untuk memberitahu info dari dosen(contohnya seperti mata kuliah yang kosong atau ketika dosen mengupload materi kuliah) dan ketika ada informasi pembayaran kuliah.

  • isi icon visi misi redundan dengan yang sudah tercantum di depan tampilan halaman web siAdin dan udinus. icon visi misi bisa dihapus dengan menampilkan visi misi prodi di depan tampilan web siAdin dan visi misi universitas ditampilkan di web udinus.

 5.  E-Ticket KTM dan Icon Logout
                    
  • Isi dari Icon E-Ticket KTM sama seperti di Icon Profil (biodata,password). sehingga E-Ticket KTM tidak diperlukan, atau bisa disatukan dengan Icon Profil (biodata,password).
  • Pada SiAdin sekarang icon tersebut seperti menunjukkan icon keamanan bukan icon logout/keluar.
    Gambar icon Logout contoh harusnya diganti seperti gambar dibawah :
                                     icon.jpg

 6.  Icon Pengumuman
                                         pengumuman.png
  • Icon Pengumuman diletakan di web tampilan Udinus sehingga tidak hanya dilihat oleh mahasiswa itu sendiri , bisa orang lain .
    JADI didalam tampilan siadin pengumuman di delete, dan dpindahkan di web Udinus.

 7. Repository
              repository.png
  • Beberapa icon dalam repository tidak dibutuhkan, karena sudah ada di dalam menu utama SiAdin contohnya dokumen ajar yang sudah ada di menu absensi sudah ada daftar materi dari setiap mata kuliah.
 
 8. Kuliah Online
                      kuliah online.png
  • Mata kuliah online yang ditampilkan hanya yang mempunyai jadwal kuliah online saja, sedangkan mata kuliah yang tidak mempunyai jadwal kuliah online tidak perlu ditampilkan.

 

1 komentar:

User Documentation

Pengertian User Documentation User Documentation adalah Dokumentasi dari suatu produk atau service yang disediakan untuk end users...